Sabtu, 03 Desember 2011

Kegunaan Internet Bagi Bidang Psikologi


Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,
dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis
hingga yang dinamis
dan interaktif.Selain itu manfaat yang kita peroleh kalau kita mengakses internet adalah kita mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
 Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari masalah ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.Selain itu internet juga dapat disalahgunakan oleh orang, misalnya hacker, berhati-hatilah dalam penggunaannya, serta dalam situs jejaring sosial, sedang marak kasus orang jahat yang memanfaatkan situasi tertentu. Tapi jangan takut hanya karena kasus tersebut, kita hanya perlu berhati-hati dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan agar tidak terjerumus pada hal-hal tersebut, karena meskipun banyak dampak negatif dari psikologi yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet secara adiktif, tetapi banyak juga manfaat dari penggunaan internet, jadi kita tetap membutuhkan internet, selain di era globalisasi ini semua serba canggih, dan kita tetap harus mengikuti perkembangan jaman, tetapi dengan ‘kadarnya’.

Selain itu juga internet telah memberikan dampak yang besar bagi bidang psikologi.Contohnya saja sudah banyak konsultasi-konsultasi psikologi,tes-tes psikologi diintenet.kita tidak perlu lagi harus repot-repot keluar rumah,jauh-jauh pergi untuk menemui seorang psikolog.Dibawah ini contoh tes psikologis yang sering kita temui dijejaring sosial.

 


 
 
Hanya dengan mengetik nama saja kita sudah bisa tau aura kita seperti apa.Mungkin rada tidak masuk akal kali ya,secara dia belum ketemu kita dan kenal kita tapi sudah bisa tau aura kita.ya sudahlah,biar dia dan tuhan saja yang tau.



ini hasil dari kita mengetikkan nama kita,lalu akan muncul seperti itu.



 

Dan masih banyak lagi tes-tes psikologi yang ada diinternet.
Cukup sekian penjelasan dari saya.Mohon maaf jika ada salah-salah kata yang kurang berkenan dihati.

Sumber :
 http://nurulhakim.com/2011/07/internet-sejarah-dan-pengertian-tentang-internet-part-2
http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html
http://naypsikosa.wordpress.com/2011/11/27/dialog-sosial-via-internet-yang-berhubungan-dengan-psikologi/
http://www.psikologizone.com/bentuk-kecanduan-komputer-dan-internet-bagian-2
http://ancok.staff.ugm.ac.id/h-19/psikologi-dan-tantangan-millenium-ke-tiga-dampak-teknologi-internet-pada-kehidupan-manusia-dan-pengelolaan-institusi-pendidikan-psikologi.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 blogreza. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase